Senin, 24 November 2008

Paper quilling

Paper quilling merupakan seni menggulung kertas untuk dijadikan suatu karya unik yang bisa berbentuk bunga, hewan dan sebagainya. Pada awalnya mungkin untuk membuat suatu bentuk itu sulit, namun jika kita mau berusaha pasti akan didapatkan hasil yang memuaskan, dan akhirnya kita akan terus membuat bentuk-bentuk yang indah, karena membuat paper quilling itu mudah dan sangat menyenangkan!
Banyak variasi dalam membuat suatu bentuk dari potongan kertas, dengan begitu kita bisa menghasilkan berbagai macam hiasan. Inti dari paper quilling adalah menggulung potongan kertas dengan gulungan satu arah dari satu sisi dan mengelemnya.
Yang kita butuhkan adalah kertas berwarna,
Untuk membuat paper quilling, yang harus disediakan antara lain : kertas, gunting dan lem. Potonglah kertas dengan panjang ± 21cm dan lebar 3mm. Potongan kertas ini disebut juga kertas gulungan. Ambil 1 strip kertas gulungan, gulunglah dari salah satu ujung menuju ujung lainnya, pada akhir ujung gulungan berilah sedikit lem dan rekatkanlah. Setelah mendapatkan sebuah bentuk gulungan dasar, kita bisa berkreasi untuk membuat bentuk lainnya.

Berbagai bentuk gulungan :



1)Lingkaran Longgar.Gulung kertas tanpa ditahan sampai selesai,lepaskan dari tangan biarkan sampai lingkarannya membesar, beri lem dan rekatkan.

2)Mata.Dari lingkaran longgar, jepit kedua belah sisinya dengan jari.

3)Embun.Dari lingkaran longgar, jepit salah satunya dengan jari.

4)Segi empat.Dari mata , jepit kedua belah sisinya yang belum dijepit dengan jari.

5)Bentuk S.Gulung satu sisi kertas menghadap atas dan sisinya menghadap bawah hingga bertemu di tengah.

6)Lingkaran Padat.Gulung kertas sambil ditahan dengan jari sampai selesai, beri lem dan rekatkan.

1 komentar:

amel mengatakan...

dalam hal pembuatan paper quilling mudah sekali hancur mungkin dikarenakan bhan dasarnya yg memang mdah rusak.ada tips gak agar p.quilling yg dihasilkan tdak mdah rusak.